Dokumentasi Pelaksanaan Social Return On Investment (SROI) #Batch2 di Yogyakarta

By |2017-09-18T13:25:54+00:00June 7th, 2017|Documentation|0 Comments

Social Return On Investment (SROI) Training merupakan rangkaian dari agenda Social Investment Indonesia Learning Series (SIILS) yang diadakan tiap tahunnya. SROI Training versi Indonesia ini sudah berjalan kedua kalinya ( #BATCH2 ), dan tahun ini dilaksanakan di meeting room The 101 Hotel Yogyakarta – Kota Yogyakarta.

Dihadiri oleh 10 orang peserta dari berbagai perusahaan, diantaranya adalah PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional TbkPT PJB UP Muara KarangPT Medco E&P IndonesiaPT Bumi SuksesindoMars Indonesia dan CFCD. Training tersebut berjalan sangat interaktif dengan jumlah peserta yang Ekslusif, sehingga peserta diharapkan mendapat ilmu pengetahuan tentang SROI beserta aplikasi pelaksanaannya dari training ini dengan sangat baik. Kemudian agar dapat diterapkan pada bidang CSR/Investasi Sosial di perusahaannya masing-masing. Dan akhirnya setiap kegiatan Investasi Sosial pada perusahaan tersebut dapat terukur nilainya serta memberikan dampak positif bagi perkembangan perusahaan ke depannya.

[hari-1]

Hari pertama training diawali dengan adanya perkenalan dari masing-masing peserta yang mewakili instansinya. Setelah itu dilanjut sesi pengerjaan Pre-Test kemudian kekhawatiran serta harapan yang didapat dalam training ini. Hal tersebut bertujuan untuk mengukur seberapa jauh peserta memahami dasar materi yang akan disampaikan dalam training nantinya. Kemudian untuk mengetahui juga kekhawatiran-kekhawatiran yang tidak dapat dicapai oleh peserta, sehingga berjalannya training lebih efektif dan mencakup keseluruhan harapan yang ingin didapat dari masing-masing peserta.

Sesi selanjutnya adalah pendahuluan mengenai apa itu SROI dan mengapa harus dipelajari serta diterapkan di perusahaan-perusahaan yang telah melaksanakan program CSRnya. Dari sini peserta akan mendapatkan gambaran mengenai keseluruhan materi yang akan didapatkan selama training ini berjalan.

Agar setiap materi yang disampaikan berkenaan dengan keadaan atau kondisi CSR di masing-masing perusahaan tempat para peserta bekerja, maka perlu adanya sesi sharing pengalaman kegiatan CSR/Investasi Sosial di masing-masing perusahaannya. Sehingga untuk kegiatan praktikum di hari kedua dan ketiga nanti dapat disinkronasikan dengan kondisi dari masing-masing perusahaan. Namun kami juga menyediakan contoh kasus yang dapat digunakan sebagai gambaran pengerjaan metode SROI itu seperti apa.

Social Return On Investment (SROI) Training #BATCH2  ini  disampaikan oleh fasilitator SII Purnomo dan Jumadi .

[hari-2]

Pada hari keduan dan ketiga mulai memasuki sesi praktikum, karena metode SROI ini banyak mengunakan pengerjaan-pengerjaan mengolah data dan menghitung keakuratan nilai dampak dari program CSR/Investasi Sosial yang telah dikerjakan, maka dalam training ini pun sebagian besar difokuskan pada sesi praktikum dan diskusi.

Pada sesi ini peserta mulai menganalisis peta nilai penghitungan dampak program CSR/Investasi Sosial menggunakan metode SROI yang dibagi menjadi beberapa tim secara acak, agar dari masing-masing peserta dapat melakukan tukar pikiran dan pengalaman apa saja yang sudah didapat selama bergelut di bidang investasi sosial.

Dalam pelaksanaannya biasanya kami berikan waktu pada tiap tim untuk memaparkan hasil analisis ide-ide dari apa yang sudah didiskusikan dan dikerjakan dalam kelompoknya.

[hari-3]

Praktikum pada hari ketiga akan lebih seru dan interaktif, karena pada sesi ini para peserta sudah saling mengenal satu sama lain dan antar kelompoknya, sehingga ruang diskusi pun menjadi lebih hidup.

Dapat dilihat pada gambar-gambar dokumentasi berikut ini, antar peserta saling berdiksusi satu sama lain dalam mengerjakan metode SROI untuk mengukur kinerja dampak program CSR/Investasi Sosialnya. Peserta terlihat begitu serius mengerjakan contoh program Investasi Sosial yang pernah dilakukan pengukuran SROI-nya yang juga disertai sesi diskusi interaktif dalam pengerjaan.

Sesi diskusi praktikum pelaksanaan SROI berlanjut hingga tercapainya pelaporan SROI dari program CSR/Investasi Sosial yang mendapatkan hasil akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

Sejenak melepas lelah dari kesibukan aktifitas sehari-hari. Setelah selesai mengikuti SROI Training #Batch2 selama 3 hari, tak ada salahnya merefreshkan hati dan pikiran dengan jalan-jalan sore di Kota Pelajar, Kota Yogyakarta.

Sambil berfoto riang dan tersenyum senang, apa yang didapat dalam training selama 3 hari ini semoga dapat bermanfaat bagi para peserta khususnya dan bagi kinerja program di perusahaannya masing dalam meningkatkan aspek CSR/Investasi Sosial secara umum.
Diharapkan seluruh materi yang didapat bisa diaplikasikan pada perusahaan masing-masing, sehingga ke depannya memberikan dampak positif bagi perkembangan di masing-masing perusahaan tersebut.

Saatnya refreshing sebelum kembali ke tempat masing-masing dengan jalan kaki menikmati suasana Kota Yogyakarta di sore hari setelah menyelesaikan kesibukan training SROI #Batch2 selama 3 hari berturut-turut.

 

About the Author:

Social Investment Indonesia (SII) merupakan perusahaan konsultan yang mempunyai dedikasi untuk mengembangkan dan menyebarkan peran penting & strategis serta manfaat investasi sosial, baik bagi perusahaan maupun pemangku kepentingannya. Melalui pendekatan yang kami miliki dan telah teruji secara empiris, kami memiliki keyakinan bahwa kami dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan pemangku kepentingannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: