[Tosari – Pasuruan] Forum Peduli DAS Rejoso (FPDR) berupaya untuk melibatkan semua pemangku kepentingan dalam menjalankan misi untuk melindungi dan melestarikan DAS Rejoso. Tak terkecuali generasi milenial dan kalangan seniman. Hal itu terlihat setidaknya pada saat peresmian Forum Peduli DAS Rejoso pada Selasa, 19 Februari 2019 di Pendopo Agung Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Terlihat hampir separuh peserta yang hadir dalam peresmian adalah dari kalangan milenial, baik siswa SMA maupun mahasiswa, kelompok pecinta alam, pegiat lingkungan dan pemuda karang taruna. Selain itu juga banyak pegiat seni dan budaya yang juga terlibat. Salah satunya adalah Kelompok Seni Tengger, yang mencoba mengirimkan pesan-pesan konservasi melalui karya-karya seni berupa lagu dan tarian.

Keterlibatan kalangan milenial dan seniman ini tentu menjadi satu hal positif bagi Forum Peduli DAS Rejoso, yang sedang gencar untuk menumbuhkan kesadaran dan kemauan semua pihak untuk terlibat dalam upaya perlindungan dan pelestarian DAS Rejoso. Keterlibatan generasi milenial memegang peranan penting, karena di masa depan mereka lah yang akan melanjutkan inisiatif tersebut. Sementara keterlibatan seniman juga tak kalah strategisnya, karena seringkali pesan yang disampaikan melalui kesenian jauh lebih efektif dan mudah diterima oleh masyarakat, dibandingkan dengan sosialisasi formal.

Arena Dwi Joko Suhartoko, aktivis lingkungan di Kawasan Bromo Tengger Semeru dan sekaligus pendamping masyarakat menyatakan, “Melibatkan generasi muda baik dari kalangan pelajar maupun mahasiswa dalam kegiatan konservasi DAS Rejoso ini awalnya tidak mudah, kita perlu masuk dan meyakinkan dengan “bahasa” mereka, sehingga mereka akhirnya mau terlibat aktif. Seni menjadi salah satu medium pendekatan kepada kalangan generasi muda ini.”

Sementara itu Musmin Nuryandi salah seorang Pengkampanye Gerakan RejosoKita menyampaikan bahwa, “Untuk memasifkan pesan mengenai pentingnya upaya perlindungan dan pelestarian DAS Rejoso, maka pilihannya adalah memastikan keterlibatan seluruh komponen masyarakat dan pemangku kepentingan yang terkait, termasuk generasi milenial ini. Oleh karena itu, sejak awal kami menciptakan berbagai platform media sosial seperti instagram, facebook, website dan twitter sebagai sarana interaksi dengan pemangku kepentingan DAS Rejoso, khususnya generasi milenial yang memang lebih melek teknologi dan media sosial.”

Sebagai komitmen dari Forum Peduli DAS Rejoso untuk lebih banyak melibatkan generasi milenial dan kalangan seniman dalam aktivitasnya, maka hampir semua penampil dalam acara peresmian melibatkan generasi milenial dan kalangan seniman, dengan kreasi-kreasi yang inovatif. Termasuk peserta lomba fotografi dan lomba desain logo Forum Peduli DAS Rejoso boleh dikatakan seratus persen merupakan generasi milenial. Fakta-fakta tersebut yang menumbuhkan rasa optimisme akan keberhasilan upaya perlindungan dan pelestarian DAS Rejoso di masa depan.

Tentang Rejoso Kita

Aliansi Rejoso Kita adalah kerja sama multi-pihak untuk mengembangkan pengelolaan sumber daya air di Daerah Aliran Sungai Rejoso secara terpadu melalui investasi bersama antara pemangku kepentingan dan pengelolaan berbasis kinerja yang akan membawa dampak positif baik secara sosial, ekonomi dan lingkungan. Diinisiasi oleh Yayasan Social Investment Indonesia (YSII), The World Agroforestry Center (ICRAF), The Nature Conservancy (TNC), dan Collaborative Knowledge Network (CK-Net) Indonesia, aliansi ini mendukung #GerakanRejosoKita sebagai sebuah gerakan yang dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan di DAS Rejoso bagi masyarakat di Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya.

Forum Peduli DAS Rejoso merupakan wadah kerjasama multi-pihak untuk berkoordinasi, berkomunikasi, dan berkonsultasi dalam memecahkan setiap permasalahan dan penyelesaian setiap konflik dalam pengelolaan, perlindungan dan pelestarian DAS Rejoso. Para pemangku kepentingan terkait yang tergabung dalam Forum Peduli DAS Rejoso meliputi sektor pemerintah, badan usaha / swasta, akademisi, media, dan komunitas masyarakat. Forum Peduli DAS Rejoso merupakan pelembagaan dari #GerakanRejosoKita, agar upaya pengawalan terhadap upaya perlindungan dan pelestarian DAS Rejoso bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.

Instagram:  @RejosoKita

 

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:

Fajar Kurniawan 
HP          : 0811379393
e-mail    : fajarkurniawan.sii@gmail.com