(sangat recommended bagi individu dan karyawan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas keilmuan & keterampilannya pada bidang CSR/Investasi Sosial di masa pandemi covid-19 saat ini)

DISAAT SEPERTI INI, HAL INIKAH YANG ANDA BUTUHKAN?

  • Anda seorang penggiat CSR/Investasi Sosial yang ingin mendesain program sosial secara tepat?

  • Anda seorang penggiat CSR/Investasi Sosial yang ingin mengetahui metode terbaik untuk mendesain program sosial?

  • Anda seorang penggiat CSR/Investasi Sosial yang ingin memiliki kemampuan dalam pengelolaan seluruh aktivitas projek¬†(Project Management) dengan baik?

  • Anda seorang penggiat CSR/Investasi Sosial yang ingin melaporkan keberhasilan program sosial anda agar lebih mudah dipahami?

  • Anda seorang penggiat CSR/Investasi Sosial yang ingin menghitung dampak program yang hasilnya baik secara kualitatif dan kuantitaif ?

  • Anda seorang penggiat CSR/Investasi Sosial yang ingin mengetahui metode terbaik untuk mengevaluasi kinerja dampak program sosial?

  • Anda seorang penggiat CSR/Investasi Sosial yang ingin memahami sejauh mana dampak program sosial yang sudah dikerjakan?

Kini saatnya Anda berkesempatan belajar langsung dari ahlinya, dengan metode belajar kekinian VIRTUAL CLASS.

Anda tidak hanya sekedar belajar memahami investasi sosial/CSR, tapi juga mampu mempraktikan penerapan ilmunya dalam kegiatan sosial di perusahaan/lembaga anda.

DAPATKAN PAKET MENARIK

“VIRTUAL CLASS LEARNING SERIES”

SOCIAL INVESTMENT ROUNDTABLE DISCUSSION (SIRD) #20

Forum ini kami rancang khusus bagi mitra kami, di mana dalam setiap pertemuan akan dibahas isu atau tema yang erat kaitannya dengan proses dan kinerja program investasi sosial. 

Kementerian BUMN menerbitkan Permen BUMN tentang Program TJSL BUMN dalam Permen BUMN PER-5/MBU/04/2021. Artinya, BUMN wajib melaksanakan Program TJSL BUMN dengan memenuhi ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri BUMN ini. Istilah PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) tidak digunakan lagi, diganti menjadi TJSL (CSR/Corporate Social Responsibility).

Regulasi ini membuat BUMN Indonesia memiliki kiprah yang lebih luas dalam upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui CSR, membuat CSR terintegrasi dalam strategi bisnis, mengacu pada standar global ISO 26000 tentang Tanggung Jawab Sosial.

Dalam Permen baru ini, ukuran TJSL tidak lagi pada banyaknya program dan berapa dana yang diperuntukkan. Melainkan,berorientasi pada dampak dan impak yang dihasilkan. Hal ini tentunya akan memotivasi BUMN untuk mentransformasikan aktivitasnya sepanjang rantai nilai untuk keuntungan masyararakat dan strategi bersaing perusahaan, atau CSR strategis.

Bagaimana penerapan TJSL yang holistis menurut Permen baru tersebut?
Isu menarik ini akan dikupas di “Social Investment Roundtable Discussion (SIRD) Series #20“, dengan tema: ‚ÄúHabis PKBL Terbitlah TJSL. Perjalanan BUMN Menuju CSR Strategis.‚ÄĚ, yang akan berlangsung pada:
      Hari/tanggal : Jumat, 18 Juni 2021
¬† ¬† ¬† Waktu¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† : 15.30 ‚Äď 17.00 WIB

Narasumber:
1. Maria R Nindita Radyati
    Executive Director CECT РUniversitas Trisakti

2. Jalal
    Chairperson of Advisory Board РSocial Investment Indonesia

 

Silahkan Bapak/ Ibu daftar melalui:

DAFTAR SEKARANG

.

Kami tunggu kehadirannya.

Terima kasih.

Arief | 0877 5570 7171

SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI) #BATCH16

Rp 7.000.000,-/peserta Rp 6.000.000,-/peserta

Rp 16.500.000,-/3 peserta/1 lembaga

Setiap program investasi sosial (CSR) yang di jalankan, selayaknya menjadi sebuah Investasi Sosial. Namun tidak jarang kita terlewat untuk menghitungnya, bahkan belum punya rencana untuk menghitungnya. Akibatnya kita tidak pernah tahu sejauh mana dampak program investasi sosial yang sudah berjalan? kepada siapa saja dampak itu terjadi? berapa besarnya? siapa yang menerima dampak paling besar? siapa yang menerima dampak paling kecil?

Bagaimana menghitung itu semua?

Ingin tahu lebih banyak?

Bergabunglah bersama kami dalam Virtual Learning Series, “Social Return on Investment Training (SROI) #Batch16” pada:

Tanggal: 29 Juni ‚Äď 1 Juli 2021
Waktu  : 08:30 s.d. 15:30 WIB
Tempat : Zoom Meeting

Tentang Pelatihan
Metode SROI memungkinkan anda meng-CLAIM tingkat keberhasilan program dan manfaat dana CSR yang sudah dikucurkan oleh perusahaan secara kuantitatif. Sehingga dapat terukur berapa besaran dampak yang diterima oleh perusahaan tersebut dari hasil kegiatan CSR-nya.
Saat ini SROI banyak sekali digunakan oleh kalangan LSM, Perusahaan, bahkan Pemerintah untuk dapat mengungkapkan DAMPAK PROJEK mereka secara lebih definitif dan terukur. Pelatihan ini secara khusus bertujuan untuk:

  • Memahami konteks sosial, lingkungan dan nilai ekonomi yang dilakukan oleh kegiatan Anda
  • Membuat prioritas sumber daya yang tepat dalam mengelola hasil (outcomes) yang tak terduga, baik positif maupun negatif
  • Memaksimalkan nilai sosial dengan mengidentifikasi keselarasan antara apa yang ingin dicapai oleh organisasi dengan apa yang ingin dicapai para pemangku kepentingan
  • Mencari cara untuk mengumpulkan informasi berkualitas, berguna untuk perencanaan strategis serta memperbaiki dampak komunikasi dan menarik investasi.

Materi Pelatihan

  • The importance of project impact assessments
  • Disclosure of the impact of a project
  • The Seven Principles of SROI
  • Six Stages of SROI Assesment
  • Impact Map Practice

Silahkan Bapak/ Ibu daftar melalui:

DAFTAR SEKARANG

Kami tunggu kehadirannya.

Terima kasih.

Apabila Bapak/Ibu ada kendala dan perlu informasi, jangan segan untuk menghubungi:

SOCIAL ASSESSMENT AND STAKEHOLDERS MANAGEMENT FOR STRATEGIC SOCIAL INVESTMENT #BATCH4

Rp 6.000.000,-/peserta Rp 3.999.000,-/peserta

Rp 10.497.000,-/3 peserta/1 lembaga

Tidak semua proyek atau program akan mampu menutup kebutuhan biaya untuk melakukan semua tahapan yang diusulkan, sehingga suatu proyek sebenarnya dapat memutuskan untuk lebih fokus pada beberapa tahap tertentu dibandingkan tahap lainnya. Yang juga penting adalah melakukan analisis pemangku kepentingan atau stakeholder yang komprehensif serta mengidentifikasi potensial dan risiko manfaat ekuitas yang ditimbulkan.

Pada pelatihan ini anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai berbagai teknik dan tools untuk melakukan penilaian sosial (social assessment) yang dibekali keterampilan dalam mengelola pemangku kepentingan (stakeholder management), identifikasi isu sosial strategis dan merumuskan strategi pembinaan hubungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder engagement). Sehingga proyek atau program yang dilaksanakan nantinya dapat berjalan lebih efektif dan tepat sasaran.

Ingin mengetahui atau meperdalam tentang penilaian sosial dan mengelola pemangku kepentingan?

Mari belajar langsung bersama ahlinya, dalam Virtual Class SII Learning Series:¬†“Social Assessment and Stakeholder Management for Strategic Social Investment #Batch4”¬†berikut:

Tanggal: 7-8 Juli 2021
Waktu  : 08:30 s.d. 15:30 WIB
Tempat : Zoom Meeting Room

Tentang Pelatihan

Pada pelatihan ini anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai berbagai teknik dan tools untuk melakukan penilaian sosial (social assessment) yang dibekali keterampilan dalam mengelola pemangku kepentingan (stakeholder management), identifikasi isu sosial strategis dan merumuskan strategi pembinaan hubungan dengan pemangku kepentingan. Sehingga proyek atau program yang dilaksanakan nantinya dapat berjalan lebih efektif dan tepat sasaran. Pelatihan ini secara khusus bertujuan untuk:

  • Memberikan pengetahuan dan keterampilan sampai pada tingkatan memadai kepada pelaksana & pengelola program mengenai berbagai teknik & alat untuk melakukan penelitian sosial (social assessment), seperti studi data – dasar sosial (social baseline study), penilaian asset komunitas, dan penilaian kebutuhan komunitas (community need assessment)
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pengelolaan pemangku kepentingan (stakeholders management) meliputi proses identifikasi, penilaian atribut, penyusunan profil dan perumusan strategi pembinaan hubungan dengan pemangku kepentingan
  • Memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan identifikasi isu sosial strategis dari sudut padang pemangku kepentingan dan merumuskan strategi pengelolaannya
  • Memberikan pemahaman mengenai penyusunan laporan hasil penelitian sosial dan pemetaan pemangku kepentingan berdasarkan acuan Dokumen PROPER KLH
  • Memformulasikan hasil penelitian sosial termasuk pemetaan pemangku kepentingan, identifikasi isu strategis dan prioritas pembangunan di tingkat lokal menjadi rumusan program investasi sosial strategis

Materi Pelatihan

  • Penilaian sosial, pemetaan sosial, pemangku kepentingan dan penilaian kebutuhan masyarakat
  • Metode dan teknik pembinaan hubungan pemangku kepentingan
  • Teknik penyajian hasil pemetaan sosial dan pemangku kepentingan berdasarkan Dokumen Panduan PROPER KLH
  • Perumusan program berdasarkan hasil identifikasi isu strategis
  • Penilaian kebutuhan masyarakat dan pemetaan pemangku kepentingan Studi kasus dan praktik pelaporan program.

Bagi Bapak/ Ibu yang berminat bisa mendaftar melalui:.

DAFTAR SEKARANG

Kami tunggu kehadirannya.
Terima kasih.

Apabila Bapak/Ibu ada kendala dan perlu informasi, jangan segan untuk menghubungi:

PROJECT MANAGEMENT FOR SOCIAL INVESTMENT PROGRAM #BATCH10

Rp 7.000.000,-/peserta Rp 6.000.000,-/peserta

Rp 16.500.000,-/3 peserta/1 lembaga

Pernahkah anda menghadapi kegagalan dalam pelaksanaan proyek? Atau menghadapi kondisi dimana risiko yang muncul lebih besar dibanding keberhasilannya? Lalu bagaimana cara mengatasinya agar proyek tersebut berhasil dilaksanakan?

Salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan program investasi sosial adalah kemampuan dalam pengelolaan seluruh aktivitas projek. Untuk mengelola projek secara efektif dan efisien diperlukan pengetahuan dan keterampilan projek manajemen yang baik.

Ingin tahu lebih banyak?

Bergabunglah bersama kami dalam Virtual Learning Series, “Project Management for Social Investment Program Training #Batch10” yang akan dilaksanakan pada:

Tanggal : 15-17 Juni 2021
Waktu   : 08:30 s.d. 15:30 WIB
Tempat : Zoom Meeting Room

Tentang Pelatihan
Pelatihan ini difokuskan agar peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis dalam merancang, mengimplementasikan, melakukan pemantauan dan evaluasi proyek investasi sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan. Peserta juga diberikan keterampilan untuk melakukan analisis dan merancang desain proyek dalam jangka panjang untuk pelaksanaan proyek investasi sosial perusahaan yang berkelanjutan. Pelatihan ini secara khusus bertujuan untuk:

  • Meningkatkan kemampuan dalam melakukan proses perancangan dan perencanaan berbasis hasil penilaian kebutuhan masyarakat.
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penyususnan indikator kinerja pelaksanaan program
  • Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengorganisasian tim kerja dan komunitas sasaran
  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam merancang sistem pemantauan, evaluasi dan pelaporan program.

Materi Pelatihan

  • CSR dan Investasi Sosial
  • Proses Investasi Sosial
  • Project Management Overview
  • Inisiasi Projek
  • Perancangan Projek
  • Implementasi Projek
  • Monitoring & Evaluasi Projek
  • Pengukuran Dampak & Pelaporan Projek
  • Komunikasi Projek

Silahkan Bapak/ Ibu daftar melalui:

DAFTAR SEKARANG

Kami tunggu kehadirannya.

Terima kasih.

Apabila Bapak/Ibu ada kendala dan perlu informasi, jangan segan untuk menghubungi:

Benefit bagi peserta Virtual Class SII Learning Series?

Jam belajar yang flexible, materi bisa diakses kapan saja dan dimana saja, melalui laptop atau smartphone
Free mentoring *)syarat dan ketentuan berlaku
Akses video ekslusif panduan dari fasilitator senilai Rp 1.000.000,-
Voucher training SIILS senilai Rp 1.000.000