SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI)
Pelatihan Pengukuran Dampak Program : Metode Social Return On Investment (SROI) Apa itu SROI? Social Return On Investment (SROI) adalah sebuah pendekatan untuk memahami dan mengelola dampak atas nilai sosial (social value), ekonomi, dan lingkungan yang diciptakan dari suatu kegiatan atau organisasi. Metode ini didasarkan atas serangkaian prinsip yang dipergunakan dalam kerangka kerjanya. SROI berusaha untuk memasukkan nilai-nilai yang seringkali diabaikan karena tidak memiliki nilai ukur yang sama, yaitu uang, yang akan membantu untuk memberikan keputusan atas alokasi sumberdaya. SROI adalah kerangka kerja untuk membuat struktur berpikir dan pemahaman. Ini adalah runutan cerita dan bukan sekedar angka. Ceritanya harus menunjukkan bagaimana Anda memahami nilai diciptakan, dikelola dan bagaimana dapat membuktikannya. Mengapa Menggunakan SROI? SROI dapat digunakan untuk perencanaan strategis, perbaikan (improve), berkomunikasi dampak, menarik investasi, atau membuat keputusan investasi. Hal ini dapat membantu manajer untuk mengambil keputusan ketika dihadapkan pada pilihan dimana dan kemana untuk mengalokasikan waktu dan uang. Apakah Anda adalah perusahaan swasta, lembaga sosial, atau investor, SROI akan membantu Anda menjelaskan dampak yang lebih luas dari pekerjaan Anda dan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih tepat