Social Return on Investment (SROI) bukan sekedar menghitung nilai, SROI berusaha untuk mengurangi ketimpangan dan degradasi lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan dengan memasukkan biaya sosial, lingkungan, serta biaya dan manfaat ekonomi. SROI merupakan sebuah perangkat prinsip-prinsip dalam satu kerangka kerja yang didesain untuk membawa konsistensi tersebut.
Tujuh prinsip SROI yang penting untuk dikenali antara lain:
1. Pelibatan Pemangku Kepentingan
Prinsip ini berarti bahwa Pemangku Kepentingan (Stakeholder) perlu diidentifikasi dan kemudian terlibat dalam konsultasi di seluruh analisis, agar nilai dan cara yang diukur diinformasikan oleh mereka yang terkena dampak.
2. Memahami Perubahan
Prinsip ini membutuhkan teori tentang bagaimana perubahan ini diciptakan harus dinyatakan dan didukung oleh siapa yang terdampak dari kegiatan.
3. Berikan Nilai Hal-hal yang Penting
Prinsip ini menggunakan pendekatan keuangan agar nilai hasil dapat difahami. Karena Hal ini akan memberikan keseimbangan pada berbagai hasil yang dialami oleh stakeholder.
4. Hanya Menyertakan yang Material
Prinsip ini mensyaratkan untuk menentukan informasi apa dan bukti yang harus disertakan dalam perhitungan untuk memberikan gambaran yang benar dan adil, sehingga stakeholder dapat menarik kesimpulan yang wajar.
5. Hindari Klaim yang Berlebihan
Prinsip ini membutuhkan referensi kecenderungan perubahan (trend) dan benchmark untuk membantu menilai perubahan yang disebabkan oleh program.
6. Transparan
Prinsip ini mensyaratkan bahwa setiap keputusan yang berkaitan dengan stakeholder, hasil, indikator dan tolok ukur, sumber dan metode pengumpulan informasi; pertimbangan metode dan komunikasi kepada pihak terkait, harus dipaparkan dan didokumentasikan.
7. Verifikasi Hasil
Prinsip ini mengharuskan anda memastikan hasil penilaian diperiksa oleh pemeriksa independen yang tepat. Verifikasi diperlukan untuk membantu para pemangku kepentingan menilai apakah penilaian dilakukan dan dianalisis secara wajar.
SROI merupakan metode yang sudah dikenal di seluruh dunia, sehingga menggunakannya akan memudahkan komunikasi hingga level global tentang outcome dan dampak bagi perusahaan. Saat ini PROPER juga akan memanfaatkan metode SROI sebagai salahsatu kriteria penilaian keberhasilan program CSR, maka manfaat besar juga bisa diraih bagi Perusahaan yang menginginkan peringkat Hijau dan Emas pada PROPER.
Momen yang tepat untuk meningkatkan kemampuan CSR anda dengan mengikuti pelatihan Social Return On Investment (SROI) Training #Batch10, pada:
Tanggal : 17-19 Maret 2020
Tempat : *Hotel Aston Tropicana, Bandung *
Informasi selengkapnya dapat diakses pada link berikut: https://socialinvestment.id/events/sroi-batch10/
Brosur: http://bit.ly/BrosurSROI10
Form Registrasi: http://bit.ly/FormSROI10