18 06, 2021

Bisnis Sosial dan BoP – Bagian Keempat

Oleh: Jalal Pimpinan Dewan Penasihat - Social Investment Indonesia Tulisan pertama kami pada seri tulisan ini mengungkapkan bahwa perusahaan komersial maupun sosial yang ingin menerapkan strategi bisnis dengan kelompok-kelompok miskin—secara umum disebut strategi Bottom of the Pyramid atau BoP—akan menghadapi tantangan kapabilitas.  Secara detail, ada 22 kapabilitas yang perlu [...]

14 06, 2021

Bisnis Sosial dan BoP – Bagian Ketiga

Oleh: Jalal Pimpinan Dewan Penasihat - Social Investment Indonesia Apakah model-model bisnis konvensional bisa kompatibel dalam membantu kelompok-kelompok miskin yang berada pada the base of the pyramid (BoP)?  Tampaknya tidak demikian.  Model-model bisnis konvensional yang dikenal hingga sekarang memiliki kecenderungan untuk memiliki perhatian tunggal, sehingga ‘membantu’ kelompok-kelompok miskin akan [...]

10 06, 2021

Bisnis Sosial dan BoP – Bagian Kedua

Oleh: Jalal Pimpinan Dewan Penasihat - Social Investment Indonesia “Poverty alleviation will become a business development task.”  Demikian ramalan profesor manajemen terkemuka, C.K. Prahalad, ketika merumuskan pendekatan The Fortune at the Bottom of the Pyramid 16 tahun lampau.  Tak banyak orang yang setuju ketika itu.  Sebagian besar orang berpikir [...]

2 05, 2021

Strategi CSR Perusahaan Tambang dan Migas dalam Pemulihan Ekonomi Daerah

Oleh: Jalal Pimpinan Dewan Penasihat - Social Investment Indonesia Majalah Tambang meminta saya untuk berbagi gagasan tentang ‘Strategi dan Penguatan Program CSR di Lingkar Tambang’ pada acara Peran CSR dan Strategi Pemulihan Ekonomi Daerah. Tulisan ini dimaksudkan untuk memaparkan hal-hal apa saja yang menurut saya penting diperhatikan oleh perusahaan [...]

1 04, 2021

Strategi Keberlanjutan Bisnis Sosial – Bagian Keempat

Oleh: Jalal - Pimpinan Dewan Penasihat Social Investment Indonesia Tulisan terdahulu menguraikan bagaiamana Hahn (2021) menguraikan empat bentuk hibriditas terkait keberlanjutan bisnis, dengan menyilangkan antara dimensi integrasi dan otonomi. Dari dua dimensi keberlanjutan itu, Hahn memerkenalkan adanya hibriditas seremonial (integrasi lemah dan otonomi rendah), hibriditas kontingen (integrasi kuat dan [...]

18 03, 2021

Strategi Keberlanjutan Bisnis Sosial – Bagian Ketiga

Oleh: Jalal - Pimpinan Dewan Penasihat Social Investment Indonesia Tulisan sebelumnya telah menguraikan bagaimana perubahan-perubahan pada seluruh sektor industri terkait dengan keberlanjutan telah membuat perusahaan sosial yang masuk ke dalam industri manapun penting untuk mengadopsi keberlanjutan sebagai model bisnis. Apalagi, kalau praktik-praktik keberlanjutan yang khas untuk industrinya sudah menjadi [...]

15 09, 2020

Milton Friedman dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, 50 Tahun Kemudian

oleh: Jalal Chairperson of Advisory Board Social Investment Indonesia Pada tanggal 13 September 1970, sebuah artikel yang berjudul dahsyat: The Social Responsibility of Business is to Increase Its Profits muncul di majalah The New York Times. Siapapun yang ingin membaca artikel klasik itu, dengan mudah akan menemukannya, termasuk [...]

7 05, 2020

Petualangan Mencari Sumber Asal Power-Interest Grid

Jalal Chairperson of Advisory Board Social Investment Indonesia Baberapa hari yang lalu, saya, karena sebuah keperluan, penasaran betul dengan satu bagan yang sangat bermanfaat untuk menganalisa pemangku kepentingan: Power-Interest Grid.  Saking popularnya bagan ini, selama lebih dari sepuluh tahun memanfaatkannya saya bahkan tak pernah memikirkan dari mana asalnya. Karenanya [...]

22 04, 2020

Pertimbangan Lingkungan dalam Operasi Pertambangan

Mengintip Ekspektasi atas Pengendalian Deforestasi dan Krisis Iklim dalam Prinsip Penambangan ICMM 2020 Oleh: Jalal Chairperson of Advisory Board, Social Investment Indonesia “Mengupas Standar ICMM untuk Pertambangan dalam Pengendalian Deforestasi dan Krisis Iklim” Jakarta, 21 April 2020 ICMM Mining Principles 2020 membuat ekspektasi kinerja untuk seluruh Prinsip yang lebih [...]

14 04, 2020

KAWAH CANDRADIMUKA BAGI KEBERLANJUTAN PERUSAHAAN

Oleh: Jalal Chairperson of Advisory Board – Social Investment Indonesia Respons Perusahaan dalam Menghadapi COVID-19 Segera setelah kita memasuki bulan Maret 2020, hampir tidak ada organisasi pendorong keberlanjutan bisnis yang tidak mengeluarkan seruan maupun resepnya. Namun, di antara banyaknya seruan dan resep tersebut, hingga sekarang saya melihat apa yang [...]

4 03, 2020

Strategi Keberlanjutan Bisnis Sosial – Bagian Kedua

Oleh: Jalal - Pimpinan Dewan Penasihat Social Investment Indonesia Wahyu Aris Darmono – Pendiri dan Komisaris WISESA Penelitian Ioannou dan Serafeim (2019) yang kami bahas pada artikel sebelumnya menyatakan bahwa keberlanjutan telah menjadi fenomena universal, sehingga perusahaan yang baru masuk—baik itu perusahaan komersial maupun perusahaan sosial—harus mengadopsi praktik-praktik keberlanjutan yang [...]

18 02, 2020

Mengapa Perlu Belajar SROI?

Selama ini Anda kesulitan mengkomunikasikan dampak program CSR pada internal maupun eksternal perusahaan Anda? Apakah mungkin program CSR tersebut belum ter-evaluasi dengan baik? Atau bahkan belum mengetahui seberapa besar dampaknya? Itulah beberapa pertanyaan mengapa Anda perlu belajar SROI yang dapat meningkatkan kemampuan CSR anda, dengan mengikuti pelatihan "Social Return [...]

Go to Top